HUBUNGI KAMI :

(0341) 491681

ALAMAT EMAIL :

Info@labciliwung.co.id

LOCATION ADDRESS :

Jl. Ciliwung No.10, Malang

Tempat Vaksin Booster di Malang, Jenis, dan Manfaat Vaksin Booster

Tempat Vaksin Booster di Malang

Saat ini, sangat mudah untuk menemukan tempat vaksin booster di Malang. Sejak tanggal 17 Juli 2022, vaksin booster telah resmi menjadi syarat perjalanan untuk transportasi udara maupun darat.

Mungkin beberapa orang masih bingung, sebenarnya apa sih yang dimaksud vaksin ?

Vaksin merupakan salah satu produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya, atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan yang spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Sebenarnya, vaksin bukanlah obat. Vaksin hanya mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit yang berat.

Saat ini belum ada obat yang bisa digunakan untuk menagani CPVID-19. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menjaga diri dan kesehatan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti vaksin COVID-19 yang aman dan efektif.

Selain itu, kita juga perlu menerapkan perilaku 5M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Di Mana Tempat Vaksin Booster di Malang ?

  • Vaksinasi booster di klinik Pratama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, mulai pukul 08.00 – 12.0 0.
  • Vaksinasi booster di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, mulai pukul 08.00 sampai selesai.
  • Vaksinasi booster di Puskesmas Batu, mulai pukul 08.00 sampai selesai.
  • Vaksinasi booster di puskesmas Sisir, mula Pukul 08.00 sampai selesai, melakukan vaksin di sini akan berhadiah minyak goreng dan juga beras.
  • Vaksinasi booster di Puskesmas Bumiaji, mulai pukul 08.00 sampai selesai, vaksin di sini akan mendapat hadiah minyak goreng dan juga beras.
  • Vaksinasi booster di Puskesmas Junrejo, mulai pukul 08.00 sampai selesai, vaksin di sini akan mendapat hadiah minyak goreng dan juga beras.
  • Vaksinasi booster di Puskesmas Beji, mulai pukul 08.00 sampai selesai, vaksin di sini akan mendapat hadiah minyak goreng dan juga beras.
  • Vaksinasi booster Moderna dan Pfizer di Klinik Polresta Malang Kota, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.
  • Vaksinasi booster Pfizer dilakukan di RSI Unisma, mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB.
  • Vaksinasi booster Pfizer di Puskesmnas Mojolangi, Kota Malang, mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.
  • Vaksinasi booster Pfizer di Puskesmas Gribig, Kota Malang mulai  pukul 08.00 – 14.00 WIB.
  • Vaksinasi booster Moderna dan Pfizer dilakukan di Klinik Rawat Jalan Rampal,, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
  • Vaksinasi booster di Klinik 23 RS Lavalette, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, dengan kuota terbatas.
  • Gerai vaksin booster Moderna dan Pfizer di Stasiun Kepanjen, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
  • Vaksin booster Moderna dan Pfizer diBandara Abdulrachman Saleh, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Alasan Kenapa Kita Harus di Vaksin?

Vaksin dapat merangsang pembentukan kekebalan pada tubuh terhadap penyakit tertentu. Setelah di vaksin, maka tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara untuk melawannya.

Melakukan vaksinasi bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit. Namun juga dalam jangan panjang untuk mengeliminasi bahkan membasmi penyakit itu sendiri. Oleh karena itu, jika seseorang tidak melakukan vaksinasi, maka dia tidak akan memiliki kekebalan yang spesifik terhadap penyakit.

Jenis-Jenis Vaksin Booster yang akan Diberikan

Berikut ini adalah kombinasi vaksin booster yang diberikan berdasarkan pertimbangan para peneliti dalam luar negeri serta sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI, yaitu :

  1. Mengenai sasaran dengan vaksin primer sinovac, diberikan sebanyak separuh dosis Astra Zeneca (0,25 ml), separuh dosis pfizer (0,15 ml), dosis penuh Moderna (0.5 ml), dosis penuh sinopharm (0,5 ml), dosis penuh sinovac (0,5 ml), atau dosis penuh Zifivax (0,25 ml).
  2. Mengenai sasaran dengan vaksin primer Astra Zeneca, diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml), dosis penuh Astra Zeneca (0,5 ml), atau dosis penuh Pfizer (0,3 ml).
  3. Mengenai sasaran dengan vaksin primer Pfizer, diberikan sosis penuh Pfizer (0,3 ml), separuh dosis Moderna (0, 25 ml), atau dosis penuh Astra Zeneca (0.5 ml).
  4. Mengenai sasaran dengan vaksin primer Moderna, diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml).
  5. Mengenai sasaran dengan vaksin primer Janssen (J&), diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml).
  6. Mengenai sasaran dengan vaksin primer Sinopharm akan diberikan dosis penuh Sinopharm (0,5 ml) atau dosis penuh Zifivax (0,5 ml).

Inilah Manfaat Mengikuti Vaksin Booster

Pemberian vaksin dosis tiga ini ditargetkan pada masyarakat yang sudah menerima dosis ke dua lebih dari enam bulan, orang yang berusia di atas 18 tahun, lansia, orang dengan daya tahan lemah, serta pengidap penyakit tertentu alias komorbid.

Mengikuti pemberian vaksin dengan tertib akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaatnya :

  • Dapat mencegah terinfeksi virus corona.
  • Dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Dapat memperkuat antibodi yang sudah terbangun.
  • Bisa juga memperpanjang masa perlangsungan dari virus.
  • Dapat mengurangi risiko penularan virus corona.
  • Bisa mengurangi dampak berat dari virus corona.

Syarat Agar Bisa Mengikuti Vaksin Booster

Setelah mengetahui manfaat dari vaksin, sebaiknya kamu juga menyimak informasi di bawah ini. Ada tiga syarat yang harus diperhatikan agar masyarakat bisa menerima dosis vaksin booster secara gratis, yaitu :

  1. Seseorang telah berusia 18 tahun atau lebih.
  2. Seseorang telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal adalah enam bulan.
  3. Kelompok yang menjadi prioritas vaksin booster adalah orang yang sudah berusia lanjut (lansia) dan juga penderita immunokompromais.
  4. Ibu hamil bisa menerima vaksin booster dengan jenis pfizer atau Moderna. Pemberian vaksin ini adalah merujuk pada SE Kementerian Kesehatan No. HK 02.01/1/2007/2021, tentang vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan juga penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.
  5. Sudah memiliki tiket vaksin di PeduliLindungi.

Aturan Booster untuk Masuk ke Tempa Umum

Aturan vaksin booster untuk mendatangi tempat umum tertuang dalam Surat Edaran Mendagri No. 440/3917/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan
(booster) bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa tempat yang mengharuskan telah di vaksin untuk bisa masuk ke areanya :

  • Perkantoran
  • Taman umum
  • Pabrik
  • Tempat wisata
  • Lokasi seni dan budaaya
  • Perdagangan
  • Restoran dan rumah makan
  • Area publik lainnya.

Meskipun telah di tetapkan aturan tersebut, namun terdapat pengecualian pada kriteria tertentu. Anak yang masih di bawah 18 tahun, tetap diizinkan masuk mall ataupun tempat umum lainnya meskipun belum mengikuti vaksinasi booster. Namun, mereka tetap harus sudah mengikuti vaksinasi dua dosis.

Ketentuan tersebut juga berlaku bagi orang yang tidak dapat divaksin karena kondisi kesehatan yang khusus. Mereka wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari fasilitas kesehatan pemerintah, jika ingin memasuki tempat-tempat umum. Sedangkan anak yang berusia di bawah 12 tahun, hanya perlu menunjukkan vaksinasi dosis satu.

Aturan Vaksin Booster di Moda Transportasi

Penerapan peraturan vaksin booster ini berlaku untuk seluruh moda transportasi. Baik itu pesawat udara, kapal laut, ataupun kereta api antar kota.

Aturan ini tertuang di dalam Surat Edaran (SE) yang berbeda. Surat Edaran yang mengatur vaksin booster sebagai syarat perjalanan ini diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan dengan rincian 4 SE untuk perjalanan di dalam negeri, dan 3 SE untuk perjalanan ke luar negeri.

Peraturan ini sedikit berbeda dengan aturan masuk mall. Pelaku perjalanan yang belum mengikuti vaksinasi booster masih diperbolehkan bepergian dengan beberapa syarat tertentu.

Jika baru mendapatkan vaksin dosis ke dua, pelaku perjalanan tetap bisa bepergian dengan syarat menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya di ambil 1 x 24 jam.

Untuk lebih jelasnya, simak aturan-aturan di bawah ini ;

  • Jika sudah mendapat vaksin booster, pelaku perjalanan tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  • Jika baru mendapatkan vaksin dosis ke dua, maka wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil kurun waktu 1 x 24 jam. Atau juga bisa hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun wakku 3 x 24 jam.
  • Jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama, maka harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam, sebelum berangkat  perjalanan.
  • Syarat vaksin booster ini dikecualikan bagi penumpang berusia 6 – 17 tahun. Namun perlu menunjukkan kartu vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau rapid test antigen.
  • Anak yang berusia di bawah 6 tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Tetapi wajib melakukan perjalanan dengan adanya pendamping yang telah memenuhi syarat vaksinasi.

Nah, mengingat betapa pentingnya mendapatkan vaksin booster, maka jangan ragu lagi untuk datang ke Tempat Vaksin Booster di Malang. Demikian artikel dari Laboratorium Klinik Malang (Lab Ciliwung), semoga bermanfaat.

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Post
Gallery